oleh

Andi Kumala Idjo: FSKN Hanya Satu, FSKN Sultan Sepuh

JAKARTA, MEDIARAJA.com: Kontroversi dualisme FSKN masih menggelinding di lingkup perkumpulan keraton. Namun bagi tokoh senior FSKN, Andi Kumala Idjo, hanya ada satu FSKN yaitu FSKN yang dipimpin Sultan Sepuh.

Andi Kumala Idjo adalah salah seorang pendiri FSKN pada tahun 2006 bersama sejumlah tokoh keraton lainnya Gusti Tedjowulan, KP Gunarso, Datuq Adil Haberham, Raja Denpasar IX Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemeceutan, Theodorus L Thaolin. Dalam perkembangan selanjutnya, FSKN terbelah menjadi dua badan hukum yaitu FSKN Gusti Tedjowulan dan FSKN Sultan Sepuh XIV. Kedua-duanya terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan singkatan yang sama FSKN.

Jika FSKN Sultan Sepuh XIV mengadakan Musyawarah Agung di Bandung pada 2017 lalu, maka FSKN Gusti Tedjowulan berencana melakukan Musyawarah Nasional pada 4-6 Mei 2018.  Kontroversi dualisme FSKN ini turut menjadi perhatian Andi Kumala Idjo, putra Raja Gowa ke-36, Andi Idjo Karaeng Laloang.

Baca juga: http://mediaraja.com/fskn-gusti-tejowulan-munas-dualisme-fskn-muncul-kembali/

“Itu karena pada Musyawarah Agung ke III FSKN di Bandung, terpilih Sultan Sepuh (sebagai Ketum FSKN 2017-2022),” cetus Andi Kumala Idjo dalam komunikasi seluler dengan Mediaraja.com.

Lalu bagaimana pandangan Andi Kumala Idjo terhadap FSKN Gusti Tedjowulan? Menurut tokoh Sulawesi Selatan ini, FSKN Gusti Tedjowulan menggabungkan diri ke dalam Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (Mars Indonesia) pada 2017 lalu.

“FSKN Tedjowulan setelah Mars Indonesia terbentuk, beliau membubarkan FSKN (FSKN Tedjowulan),” jelas Andi Kumala Idjo.

Baca juga: http://mediaraja.com/fskn-gusti-tedjowulan-tunjukkan-miliki-skt-mendagri/

Kontroversi dualisme FSKN tampaknya masih belum akan berakhir. FSKN Gusti Tedjowulan secara legal masih eksis. Selain mengantongi dokumen pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM, FSKN Gusti Tedjowulan juga memiliki Surat Keterangan Terdaftar dari Kementerian Dalam Negeri. (MM)

Share:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *