oleh

Babak Baru Organisasi Raja, Ini dia Rundown Pengukuhan di Kemendagri

JAKARTA-MEDIA RAJA: Organisasi Raja Sultan Indonesia memasuki babak baru. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang akan mengukuhkan pengurus pengurus Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS Indonesia) di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri. Ini dia rundown acaranya.

Acara akan dibuka dengan Tari Gending Sriwijaya pada pukul 09.30 . Tarian selamat datang kepada 200 Raja Sultan dari 34 Provinsi di Indonesia dimainkan penari dari Sanggar Sanggrida Sriwijaya. Bukan sembarang tarian, panita sengaja menampilkan tarian ini untuk mengingatkan kejayaan pertama Nusantara pada abad 7 yaitu Kerajaan Sriwijaya.

MARS Indonesia memang dilahirkan untuk menyinergikan seluruh kekuatan Raja, Sultan, Datu, Penglingsir, dan Kepala Adat untuk memasuki Indonesia Golden Age abad 21. Para Raja Sultan meyakini setiap kelipatan 7 abad, Nusantara akan memasuki zaman kejayaan.

Tengok saja, pada abad 7 Nusantara memiliki Kerajaan Sriwijaya yang menjadi pusat peradaban dunia di saat belahan dunia lain masih berada dalam kegelapan. Setelah itu, 7 abad setelahnya, muncul Kerajaan Majapahit, yang mengulang kejayaaan Sriwijaya. Tak hanya kekuatan politik dan militernya yang sangat tangguh di kawasan Asia, Majapahit juga memunculkan peradaban dengan lahirnya kitab-kitab yang sangat bernilai antara lain, Kitab Sutasoma dan Negara Kertagama.

Kitab Negara Kertagama diakui dunia. Thomas Stamford Raffles, yang pernah berkuasa di Nusantara membawa Kitab Negara Kertagama dan isinya mempengaruhi perkembangan Inggris dalam kemajuan negaranya.

“Nah, 7 abad setelahnya itu abad 21, ya pada masa sekarang dan ke depan. Indonesia sudah diramalkan banyak pihak akan menjadi kekuatan dunia dalam waktu tak lama lagi,” kata Sekertaris II Mars Indonesia, Pangeran Nata Adiguna Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat kepada Media Raja.

Setelah tarian, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan Paduan Suara Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Pembacaan Pancasila akan dilakukan Raja Musa Haremba dari Papua.

Nilai-nilai MARS Indonesia yang tertuang dalam Pancadharma MARS Indonesia akan dibacakan Raja Bana Naineno II, PhD dari Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan Pengukuhan MARS Indonesia akan disampaikan Raja Palembang Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin. Sedangkan Surat Keputusan MARS Indonesia akan dibacakan Sekertaris Agung MARS Indonesia Hari Ichlas Majolelo Sati, SE.

Puncak acara Pengukuhan Pengurus MARS Indonesia akan berlangsung pada pukul 10.05 WIB. Pengurus dikukuhkan dengan pengalungan Lencana MARS Indonesia oleh Menteri Dalam Negeri.

Menteri Dalam Negeri tak hanya mengukuhkan, melainkan juga memberi sambutan. Selama 30 menit, Mendagri Tjahjo Kumala akan memberikan kata-kata penyambutan.(MM)

Share:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *