oleh

Dirut Taman Mini Hadir di Kemendagri, Dukung MARS Indonesia

JAKARTA-MEDIA RAJA: Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah Bapak Dr AJ Bambang Sutanto menghadiri Pengukuhan Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS Indonesia). Kehadiran tokoh budaya nasional ini guna mendukung pengukuhan MARS Indonesia yang merupakan wadah tunggal organisasi Raja Sultan yang diakui pemerintah.

Pengukuhan MARS Indonesia berlangsung di Gedung Sapta Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, 24 Agustus 2017. Sebanyak 259 Raja, Sultan, Datuk, Penglingsir, dan Tokoh Adat Nusantara hadir menjadi saksi hidup pengukuhan MARS Indonesia oleh Mendagri.

Dr AJ Bambang Sutanto hadir dengan mengenakan kemeja batik warna coklat. Tokoh penting dalam kebudayaan Indonesia ini duduk di baris paling depan. Hadir di awal acara, membuat Dr AJ Bambang Sutanto mengikuti seluruh kegiatan dari awal hingga akhir.

Pada awal acara, Dr AJ Bambang Sutanto turut menyaksikan pagelaran Tari Gendhing Sriwijaya. Sebagai tari selamat datang, penari menyuguhkan sirih kepada tamu agung termasuk Dr AJ Bambang Sutanto yang terlihat mencicipi sirih. Sirih dalam adat budaya kerajaan adalah simbol penyambutan untuk tamu.

Pengukuhan MARS Indonesia merupakan tonggak penting dalam sejarah budaya Indonesia. Indonesia terancam tercerabut sebagai bangsa dengan makin tergerusnya jatidiri bangsa. Tak ingin hal tersebut berlangsung, para Raja dan Sultan bertekad membangkitkan budaya adiluhung bangsa yang sudah terbentuk berabad-abad lampau. (MM)

 

Share:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *