19 Desember 2017

Festival Keraton Surosowan, Menyaksikan Jawara Debus hingga Wisata Religi

Ingin menyaksikan debus, sebuah seni tradisional yang begitu atraktif dari daerah Banten? Hadirlah ke Festival Keraton Surosowan pada 9-12 November 2017. Pada festival ini, tampilnya para jawara debus dari perguruan silat seantero Banten, menjadi sebuah jaminan atraksi yang mendebarkan.

Festival Keraton Surosowan juga menyajikan Tarian Kolosal Surosowan, Potensi Daerah Banten, dan tentu saja Wisata Religi yang merupakan kekuatan utama Banten yang dulu dikenal sebagai pusat pengembangan agama Islam di Nusantara. Keraton Surosowan adalah keraton yang menjadi kediaman para Sultan Banten.

Festival Keraton Surosowan akan digelar parade budaya yang diikuti para Raja-Sultan Nusantara dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Filipina, dan Kamboja. Dalam parade ini, Banten yang dulu dikenal sebagai salah satu kerajaan terkuat di Indonesia pada masanya, akan menampilkan 500 prajurit. Kirab prajurit Banten ini menjadi napak tilas kebesaran Kesultanan Banten yang didirikan Sultan Maulana Hasanudin, putra dari Sunan Gunung Jati dari Kesultanan Cirebon.

Tarian Kolosal Surosowan akan dibawakan ratusan penari dengan tema “Surosowan Bangkit”. Ini juga menggambarkan sebuah cerita perjalanan Keraton Surosowan dari waktu ke waktu di masa Kesultanan Banten.

Tak hanya melulu masa lalu, Festival Keraton Surosowan juga akan menampilkan potensi wisata, potensi daerah, wisata kuliner, dan wisata religi dari berbagai daerah di Banten.

Acara Festival Keraton Surowosan diselenggarakan Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Banten yang dipimpin Ketua Umum H Tubagus A Abbas Wasee, SH. “Bagi Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Banten, Festival Keraton Surosowan 2017 adalah sarana untuk menjaga, memelihara, dan melestarikan adat istiadat budaya yang tumbuh pada masa Kesultanan Banten dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat,” kata H Tubagus A Abbas Wasee, SH.

Ketua Umum Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Banten ini berharap festival akan meningkatkan arus wisatawan ke Provinsi Banten. “Ucapan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang telah mendukung terselenggaranya Festival Keraton Surosowan 2017. Semoga sinergitas antara Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Banten dengan Pemerintah Daerah Provinsi Banten dapat terus terjalin dalam Program Pembangunan Revitalisasi Kawasan Keraton Kesultanan Banten,” tambah H Tubagus A Abbas Wasee, SH. (MM)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan