oleh

Gelar Festival Bahari, FSKN MoU dengan Kemenko Maritim

JAKARTA, MEDIARAJA.com-Nusantara adalah kepulauan terbesar di dunia dengan budaya maritim yang kental. Masuknya Belanda mencerabut akar budaya maritim, dan mengubahnya menjadi budaya kontinen yang efektif melemahkan Nusantara. Turut aktif mengingatkan sejarah kebesaran masa lalu sekaligus merenda kejayaan Indonesia ke depan, Forum Silaturahmi Keraton Nusantara pimpinan Sultan Sepuh XIV mengadakan kerja sama dengan Kemenko Maritim, menggelar Festival Bahari.

Agenda MoU FSKN Sultan Sepuh XIV berlangsung di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, hari ini, Jumat 4 Mei 2018. Hadir langsung dalam MoU, Ketua Umum Sultan Sepuh XIV PRA (Pangeran Raja Adipati)  Arief Natadiningrat dan Sekjan Hj. RAy Yani Soekotjo Koeswodidjoyo.

“Hampir seluruh Kerajaan di Nusantara ini adalah kerajaan maritim, dalam Festival Bahari yang melibatkan kerajaan-kerajaan di Nusantara, masyarakat akan tahu bahwa kekuatan kita ada di maritim. Itu jelas karena kita adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan bentangan pantai terpanjang di dunia. Negara kita terdiri dari 17 ribu pulau,” kata Sultan Sepuh XIV.

Setelah MoU dengan Kemenko Maritim, FSKN melanjutkan rapat di Kantor Staf Presiden meneruskan agenda pembahasan revitalisasi keraton. “Ini merupakan kelanjutan pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. Kita banyak Pekerjaan Rumah.  Mari kita terus bekerja keras menyelamatkan budaya kita dan Keraton se-Nusantara di era perubahan zaman yang begitu cepat,” ajak Sultan Sepuh XIV. (MM)

Share:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *