19 Desember 2017

Ini Dia, Isi Lengkap Pidato Mendagri Selama 15 Menit di Pengukuhan MARS Indonesia

Sekjen Kemendagri Bapak Hadi Prabowo saat pidato membacakan Sambutan Mendagri dalam Pengukuhan MARS Indonesia

JAKARTA-MEDIA RAJA: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sedianya akan membacakan sendiri pidato sambutan dalam Pengukuhan Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS Indonesia). Namun dengan alasan ada keperluan mendadak ke Solo, naskah pidato Mendagri dibacakan Sekjen Kemendagri Drs Hadi Prabowo, MM.

Pengukuhan MARS Indonesia berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Pradja, Kementerian Dalam Negeri, 24 Agustus 2017.

Berikut isi lengkap naskah pidatonya yang dibacakan Sekjen Kemendagri selama 15 menit:

“Assalamualaikum Wr..Wb..salam sajahtera, Om Swastiaastu, Namo Budaya. Yang terhormat Panglima TNI yang diwakili Bapak Kasum TNI, Yang terhormat Kepala Staf TNI AD atau yang mewakili, Kepada yang terhormat KASAL atau yang mewakili, KASAD atau yang mewakili, Kapolri atau yang mewakili, anggota DPD RI Dapil Sumbar, dan Direktur Taman Mini Indonesia.

Yang kami hormati pula pejabat eselon satu I dan II, Kementrian Dalam Negeri dan Non Lembaga.

Pembina, Penasehat, dan pengawas MARS Indonesia. Pengurus Majelis Agung Raja Sultan, para Raja Sultan, Datuk, Penglingsir yang berkesempatan hadir dalam acara yang berbahagia. Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua sehingga bisa berkumpul pada acara yang berbahagia ini guna mengikuti kegiatan Pengukuhan Pengurus MARS Indonesia. Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan ucapan selamat kepada seluruh Jajaran MARS Indonesia yang hari ini telah dikukuhkan.

Hadirin…budaya daerah yang dikembangkan  Raja Sultan di masa lalu merupakan pembentuk jatidiri bangsa, kekayaan bangsa harus dikembangkan secara serius dan seksama terutama dalam memajukan bangsa dan negara terutama pada era globalisasi saat ini. Saat ini seni budaya daerah sudah mulai terkikis dan tergerus budaya asing. Serta tidak sedikit pula, budaya kita yang telah diklaim negara lain. Budaya daerah diharapkan mampu menjadi landasan utama dalam pembentukan jati diri bangsa. Karena jatidiri merupakan karakteristik jiwa bangsa yang bersumber dari akar budaya daerah masing-masing.

Keberadaan MARS Indonesia diharapkan dapat berperan aktifdi dalam memajukan budaya daerah dalam membentuk jatidiri Bangsa Indonesia. UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, menjamin kemerdekaan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat serta memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya baik secara individu maupun kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai perwujuan Hak Asasi Manusia.

Berdasarkan landasan konstitusi tersebut  maka setiap warga negara diberikan jaminan kebebasan untuk berorganisasi, berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat yang diantarnya dapat diwujudan melalui organisasi kemasyarakatan. Ormas memiliki peran yang strategis dalam memajukan kehidupaan masyarakat, bangsa dan negara.

Hadiri yang kami hormati…

Dalam pasal 14 ayat 1 UU No 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan disebutkan bahwa dalam upaya mengoptimalkan peran dan fungsinya, ormas dapat  membentuk suatu wadah berhimpun. MARS Indonesia dibentuk sebagai wadah berhimpun organisasi Raja Sultan dan lembaga adat yang telah eksis sebelumnya seperti FSKN dan Yarasutra. Terbentuknya Mars Indonesia sebagai berhimpunnya para Raja, Sultan, Datuk, Penglingsir dan Pemangku Adat se-Indonesia diharapkan dapat menjadi mitra kerja pemerintah dalam melestarikan budaya daerah sebagai penopang budaya bangsa.

Hadirin yang berbahagia, dinamika perkembangan dan peluang sistem pemerintah, membawa paradigma baru di dalam tata kelola kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. MARS Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi aktif didalam upaya mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia serta menjaga dan memelihara, keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Untuk dapat menjalankan peran dan fungsinya dalam pembangunan, penting bagi MARS Indoensia untuk membangun sistem pengelolaan organisasi yang sehat sebagai organisasi nirlaba yang demokratis, profesional,  mandiri, transparan, dan akuntabel

Hadirin yang terhormat…

Di samping sebagai pelestari kebudayaan, keberadaan MARS Indonesia diharapkan dapat menumbuhkan semangat untuk menghormati dan menerima perbedaan, mendorong keharmonisan, saling pengertian, kerjasama, dan saling percaya ditengah kehidupan Bangsa Indonesia yang majemuk.  Ketika gelombang radikalisme terjadi di berbagai belahan dunia lainnya. Bangsa Indonesia harus tetap berdiri tegak untuk mengelola kemajemukan tersebut dengan demikian maka yang kita perlukan dalam hal ini adalah membangun sinergi dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan ormas termasuk MARS Indonesia.

Hadirin yang berbahagia, dewasa ini tantangan yang dihadapi Bangsa Indonesia semakin berat…hal ini ditandai dengan masih munculnya konflik nasional yang bernuansa SARA di beberapa daerah, radikalisme dan politisasai kekuasaan bersimbol agama, berkembangnya kehidupan masyarakat yang cenderung serba bebas dan mendukung hal yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa, berkembangnya kehidupan hedonis serta semakin ditinggalkannya nilai-nilai budaya lokal yang merupakan kekayaan terbesar yang dimiliki bangsa Indonesia. Saya mengajak kepada seluruh jajaran MARS Indonesia untuk mengutamakan proses dialog, menghindari benturan, tindak kekerasan, dan hendaknya dapat mengajak masyarakat bahwa di dalam menyikapi perbedaan yang mungkin terjadi tentunya harus dilakukan dengan mengedepankan pendekatan dialogis.

Hadirin yang terhormat, dalam menghadapi tantangan bangsa yang tidak mudah tersebut diperlukan sumber daya organisasi yang memiliki kualitas, kompetensi, kapasitas kelembagaan dan kepemimpianan yang berkarakter, memiliki jatidiri yang berwaasan kebangsaan. Oleh karena itu dapat diharapkan terjalin komunikasi dan kebersamaan antara pemerintah dengan MARS Indonesia dan dengan organisasi lain dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional  Bangsa Indonesia serta menjaga dan memelihara keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Melalui pengukuhan MARS Indonesia, kami berharap dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan peran serta, dan tanggung jawab MARS Indonesia dalam meningkatkan SDM, memelihara integritas nasional, dan menguatkan jatidiri bangsa yang dilandasi oleh nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, semangat kekeluargaan dan gotong royong, jiwa patriotisme dan nasionalisme, serta sikap toleransi serta senantia menjunjung etika dan moralitas dalam kehidupan berbagngsa, bermasyarakat dan bernegara. Untuk itu keberadaan MARS Indonesia tidak semata-mata  memberikan manfaat para anggotanya akan tetapi dapat mengambil bagian secara aktif dalam pembangunan bangsa, terutama dalam rangka mendorong terbentuknya kader-kader bangsa yang unggul, memiliki karakter, berjatidiri dan memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Demikian hal-hal yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan rahmat  serta meridloi langkah kita bersama dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa dan negara Indonesia. Sekian dan terimakasih. Wassalamalaikum Wr Wb

Menteri Dalam Negeri

Tjahjo Kumolo

(Mada Mahfud)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan