19 Desember 2017

Istimewa, Pelantikan MCKN Bengkulu Disaksikan Para Raja, Pejabat Pusat dan Daerah, serta Ribuan Masyarakat

PUTRI HIJAU-MEDIA RAJA: Majelis Cendikiawan Keraton Nusantara (MCKN) kini sudah berada di delapan provinsi, setelah pelantikan pengurus baru di Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Utara. Pelantikan pengurus MCKN kali ini berlangsung sangat istimewa karena disaksikan Raja Sultan dan Pemangku Adat Nusantara, perwakilan Depdagri, para Kepala Daerah, dan ribuan masyarakat.

Besarnya animo berbagai kalangan karena mereka mengharapkan Pengurus MCKN mampu mengangkat nilai-nilai budaya Bengkulu yang lama terpendam.

Pelantikan pengurus baru MCKN Bengkulu mengambil tempat di Singgasana Pekal, Seblat, Putri Hijau, Bengkulu Utara, Sabtu, 29 Januari 2017. Acara dilakukan sesaat setelah penobatan Sultan Bangsa sebagai Ketua Kaum Agung Pekal dan Pemangku Kesultanan Mukomuko.

Pelantikan dilakukan Ketua Presidium MCKN Prof Dr M Asdar yang didampingi Sekertaris MCKN Pangeran Nataadiguna Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat. Untuk MCKN Provinsi Bengkulu formatur yang dilantik Prof Dr Juanda SH MH, Rahmat SIP, Dr Faisal Latif SH MHum, Dr Lely Arrianie MSi, dan Dr Imam Mahdi SH MHum.

Sementara MCKN Kabupaten Bengkulu Utara terbentuk pengurus dengan susunan Ketua H Yarmidal, Wakil Ketua Syarius Syarkawi, Sekertaris Alex Feriansyah,Wakil Sekertaris Zamhari Jamal, dan Bendahara Ny Eko Mian.

Setelah dilantik, para pengurus baru MCKN menerima bendera Pataka MCKN yang diserahkan Dewan Agung Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS Indonesia), Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin.

Raja lainnya yang hadir Raja Pagaruyung Darul Qoror Daulat Yang Di Pertuan Raja Alam Minangkabau Sultan Taufik Thaib yang membawa 50 delegasi, Raja Inderagiri Sultan Indra Azhir Osman yang juga membawa 50 anggota Keluarga Besar Kesultanan Inderagiri, Tuanku Bosa XIV dari Kerajaan Bosa Talu Sumatra Barat, Kanjeng Pangeran Norman Hadinegoro, dan Pangeran Nato Dirajo Arfah Benny Tjekyan.

Dari Sulawesi hadir Dr Yosan dari Kerajaan Bone. Dari pemerintah, diwakili utusan Kementrian Dalam Negeri Ibu Elly Yuniarti. Sementara pejabat daerah, Bupati Bengkulu Utara Ir Mian, Bupati Mukomuko Chairul Huda, Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko Armansyah ST. Juga hadir 12 tokoh pegiat budaya dari Malaysia.

MCKN adalah wadah bagi kelompok intelektual yang dulu disebut pujangga di lingkungan Keraton Nusantara. MCKN lahir pada tanggal 8 Desember 2015 dengan nama Ikatan Cedekiawan Keraton Nusantara (ICKN) yang diprakarsai Yayasan Raja Sultan Nusantara.

Menurut Sekertaris MCKN Pangeran Nataadiguna Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat hingga kini telah terbentuk MCKN di 8 provinsi yaitu Kalbar, Sulteng, Sumbar, Bali, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Bengkulu.

MCKNsebelumnya sudah menjalankan program pertanian melalui kerjasama dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Program antara lain pemberian bibit jagung untuk areal 20.000 ha dan sumbangan alat-alat pertanian di Bengkulu. (Mada Mahfud)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan