19 Januari 2018

Pesona Fauna Liar Khas Afrika di Putri Hijau Bengkulu

Kerbau liar di Putri Hijau Bengkulu

PUTRI HIJAU-MEDIA RAJA: Tak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk menikmati keindahan fauna liar. Cukup datang ke Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara. Anda akan disuguhi pemandangan kerumunan kerbau-kerbau liar dengan perilaku yang sungguh unik.

Media Raja beruntung bisa berada di Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara. Agenda utama untuk meliput upacara adat penobatan Sultan Bangsa sebagai Ketua Kaum Agung Pekal.

Namun untung tak boleh ditolak. Di pinggir pantai sekitar kawasan Singgasana Pekal, tempat kediaman Sultan Bangsa terdapat kehidupan fauna yang memesona khas alam liar Afrika seperti yang sering tayang di layar televisi.

Kawasan sekitar Singgasana Pekal, rupanya menjadi tempat ideal kerbau-kerbau liar. Pertemuan sungai besar dengan bibir pantai menghadirkan ekosistem yang disenangi kerbau-kerbau liar. Lumpur, sungai, laut, dan rumput menjadikan kerbau-kerbau liar ini beranak pinak.

Sekilas seperti kerbau pada umumnya. Namun begitu seseorang mendekat kerumunan kerbau liar ini akan kabur, ini yang membedakan dengan kerbau peternakan yang jinak.

Seakan memberi jarak aman, kerumunan kerbau liar akan berhenti setelah merasa tak terjangkau manusia. Begitu mendekat, kerbau-kerbau liar akan kembali menjauh.

Adrenalin akan mengucur deras untuk menyaksikan perilaku kerbau-kerbau. Perlu sedikit main kucing-kucingan. Akan lebih nikmat jika menggunakan teropong.

Paling asyik saat melihat kerumunan kerbau-kerbau liar ini memainkan keahliannya berenang di muara sungai yang dalam dan lebarnya lebih dari 100 meter.

Jangankan di Sungai, kerbau-kerbau liar Pekal ini mampu berenang di laut yang dalam. Entah apa yang mereka cari di laut. Sepertinya kerbau-kerbau liar ini hanya ingin bersenang-senang.

Dari kejauhan kerbau-kerbau yang tengah berenang di lautan ini hanya terlihat kepala dan tanduknya saja. Unik, binatang yang berat dengan kaki yang tergolong kecil mampu berenang di tengah lautan.

Keunikan lainnya, ini yang sungguh ajaib. Kerbau liar Pekal di Kecamatan Putri Hijau ini memiliki pemilik. Sang pemilik membiarkan kerbau liar ini berada di pantai sepanjang waktu. Tak perlu kandang, mereka benar-benar hidup di alam liar.

Jika dengan orang tak dikenal, kerbau-kerbau liar ini mengambil jarak, itu tak berlaku dengan sang pemilik. Padahal tak setiap hari pemilik mendatangi kerbaunya di pinggir pantai.

Dengan cara kehidupan yang unik, kerbau-kerbau liar memberikan keuntungan yang besar bagi sang pemilik. Keunikan lainnya jarang ada kasus kerbau liar ini hilang karena kasus pencurian.

Penasaran dengan kerbau-kerbau liar? Datanglah ke sekitar Singgasana Sultan Bangsa di Putri Hijau Bengkulu. (Mada Mahfud)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan