oleh

Kemendagri Akan Kukuhkan Wadah Tunggal Organisasi Raja Sultan Indonesia

JAKARTA-MEDIA RAJA: Perhelatan akbar akan berlangsung di Kementerian Dalam Negeri, yaitu Pengukuhan Majelis Agung Raja Sultan Indonesia. Tak tanggung-tanggung, sekitar 200 Raja, Sultan, Datu, Penglingsir, dan Kepala Adat dari 34 Propinsi akan terbang menuju Jakarta dan untuk mengikuti acara bersejarah ini.

Inilah kali pertama, Pemerintah melalui Kemendagri mengukuhkan Wadah Tunggal Organisaasi Raja Sultan Indonesia, yaitu Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (Mars Indonesia). Keberadaan Mars Indonesia sebagai wadah tunggal ditujukan untuk mensinergikan langkah dalam membangun Indonesia yang besar menuju Indonesia Golden Age.

Pengukuhan Majelis Agung Raja Sultan Indonedia (Mars Indonesia) akan digelar, Kamis 24 Agustus 2017. Tempatnya di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Jl Medan Merdeka Utara No 7 Jakarta.

Sekertaris  II Mars Indonesia, Pangeran Nata Adiguna (PNA) Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat kepada Media Raja menyatakan Mars Indonesia telah melalui proses perjalanan Panjang. Awalnya dari Musyawarah Agung Raja Sultan di Seminyak Bali 2016. Ide pembentukan Wadah Tunggal diteruskan dalam Musyawarah Agung Raja Sultan di Luwuk pada 2017 yang melahirkan deklarasi yang dituangkan menjadi Piagam Luwuk.

Piagam Luwuk ini menjadi langkah konkret pembentukan wadah tunggal Raja, Sultan, Datu Penglingsir, Pemangku Adat dan Tokoh Pelestari Budaya Kraton. Puncaknya Deklarasi Wadah Tunggal di Surakarta Hadiningrat 21-24 April 2017 yang dihadiri Raja Sultan, Datu, Penglingsir, dan Pemangku Adat dari seluruh Nusantara.

“Pengukuhan Mars Indonesia akan menjadi Puncak Sejarah bersatunya Raja, Sultan, Datu dan Pemangku Adat, untuk saatnya bersama pemerintah menyatukan tekad, memperkukuh NKRI, mensukseskan Revolusi Mental, Nawacita dan Trisakti, khususnya di bidang membangun marwah jati diri Bangsa,” papar Pangeran Nata Adiguna (PNA) Mas’ud Thoyib Jayakarta Adiningrat. (Mada Mahfud)

Share:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *