26 Februari 2018

Malam ini di Sulsel, Raja-Raja Deklarasikan Majelis Keturunan Tomanurung

MAKASSAR-MEDIA RAJA: Tak salah menyebut Sulawesi Selatan sebagai negerinya para Raja. Begitu banyak kerajaan secara bersama-sama dan silih berganti membangun Sulawesi Selatan dan para keturunannya menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan Mancanegara. Raja-Raja asal Sulsel diyakini berasal dari keturunan yang sama yaitu dari To Manurung, seorang manusia yang berasal dari langit.

Berasal dari keturunan yang sama, Raja-Raja Sulsel dan keturunannya merasa perlu membangun sebuah komunitas yaitu Majelis Keturunan Tomanurung. Tujuannya untuk meningkatkan silaturahmi dalam lingkup kekerabatan.

Mediaraja.com mendapatkan salinan undangan Deklarasi Keturunan Tomanurung Sulawesi Selatan. Undangan dari panitia acara ditandatangai Karaeng Tukajannangang Andi Bau Malik Barammamase selaku Sekretaris, Karaeng Tinggi Mae Andi Karim Beso Manggabarani sebagai Ketua Panitia. Undangan juga ditandatangani Datu Luwu XL La Maradang Mackulau Opu To Bau dan Sombaya Ri Gowa XXXVII I Madussila Daeng Mannyonri.

Deklarasi Majelis Keturunan Tomanurung dijadwalkan berlangsung malam ini, Sabtu 27 Januari 2017 di Sulawesi Selatan.

Dari keterangan panitia, sejumlah tokoh dari luar daerah sudah menyatakan akan turut menghadiri deklarasi Majelis Keturunan Tomanurung. Mereka antara lain Raja Mempawah Kalimantan Barat Dr Ir Mardan Adijaya MSc bersama Permaisuri Ratu Sinuhun Kencanawangsa Dr Ir Arini Mariam MSc, Ketua Matra Pusat KPH Wirayudha, Raja Pamecutan Bali Cokorda Ngurah Jambe, Irham Anwar Duta Besar dan Menteri Penerangan Kerajaan Parewa Kae Bima Selatan, dan Pangeran Muda Andi Suphiandi Pemerhati Budaya Bugis asal Kubu Raya Kalimantan Barat.

Andi Sirajuddin Odang Daeng Perani dari rumpun Kerajaan Tallo yang juga panitia acara Deklarasi Majelis Keturunan Tomanurung menyatakan tujuan deklarasi adalah menjalin silaturahmi para bangsawan di Sulawesi Selatan dan Barat. “Ini merupakan ajang untuk merajut kembali kekerabatan yang sebenarnya sudah terjalin antar kerajaan sejak masa silam,” kata Andi Sirajuddin. (MM)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan