oleh

Meriahnya Grebeg Syawal, Tradisi Sambut Idul Fitri di Yogya

JAKARTA, MEDIARAJA.com- Keberadaan keraton di sebuah tempat berbanding lurus dengan pelestarian tradisi. Lihat saja Yogyakarta,  daerah termaju di Indonesia yang tetap melestarikan tradisi karena keberadaan Keraton Ngayogyakarta dan Puro Pakualaman. Pada saat Idul Fitri, keraton melaksanakan tradisi Grebeg Syawal yang dinanti-nantikan masyarakat luas.

Mediaraja.com menghimpun informasi mengenai Grebeg Syawal dari berbagai sumber. Grebeg Syawal di Yogya berlangsung pada 1 Syawal yang bertepatan dengan perayaan Idul Fitri.

Dalam tradisi Grebeg Syawal ini ada 7 Gunungan yang dibuat yaitu 3 Gunungan Lanang, 1 Gunungan Wadon, 1 Gunungan Gepak, 1 Gunungan Darat, dan 1 Gunungan Pawuhan. Ketujuh Gunungan ini, satu akan diantar ke Puro Pakualaman, satu ke Kepatihan, dan lima lainnya akan diarak ke Alun Alun Utara untuk dibagi-bagikan ke masyarakat.

Karena begitu banyak masyarakat yang menginginkannya, maka Gunungan menjadi rebutan. Masyarakat percaya jika mendapatkan sedikit hasil bumi dari gunungan, mereka akan mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Istilahnya ngalap berkah. Gunungan ini isinya tumpeng, sayur mayur, kacang panjang, cabai, telur dan lain-lain.

Gunungan Lanang, gunungan yang paling menarik perhatian karena ukurannya yang menjulang. (Foto: Kratonjogja.id)

Saat dibawa keluar keluar dari Bangsal Keraton, prajurit Keraton Ngayogyakarta memberikan tembakan salvo sebagai penghormatan sebanyak tiga kali. Gunungan lalu diarak oleh Abdi Dalem Keraton menuju Masjid Agung (Gede) Kauman. Di masjid, gunungan akan didoakan. Selanjutnya gunungan akan dibawah ke Alun Alun Utara Yogyakarta untuk dinikmati masyarakat.

Masyarakat Yogya memang menanti-nantikan tradisi Gunungan ini sekaligus menandakan kedekatan warga dengan Sultan. Karena unik, tak heran para wisatawan menjadikan Grebeg Syawal sebagai spot yang menarik untuk dikunjungi. (Mada Mahfud)

Share:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *