oleh

Peringati Pancasila, Sultan HB X dan Raja Samu Samu Tanam Gaharu di Watulumbung Parangtritis

JAKARTA, MEDIARAJA.com-Peringatan Hari Kelahiran Pancasila banyak dirayakan lewat upacara atau seminar. Namun Sekolah Alam Watulumbung memilih memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2018, dengan penanaman pohon Gaharu. Penanaman secara simbolik dijadwalkan dilakukan Sultan HB X dan Sekjen BP Silatnas Raja Samu Samu pada 1 Juni 2018 di Watulumbung.

Selain Sultan HB X dan Sekjen BP Silatnas (Silaturahmi Raja Sultan Nusantara) Raja Samu Samu, sejumlah tokoh yang akan hadir antara lain Kapolda Yogyakarta Brigjen Ahmad Dofiri, Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen Muhammad Zamroni, dan perwakilan Inggris Rex William Coloridge Sumner.

Karena bertepatan dengan bulan Ramadhan, saat rombongan hadir, panita menyiapkan sambutan dengan Shalawat Badar dan pengalungan selendang Sekolah Alam Watulumbung.  Muhammad Boy Rivai, Pimpinan Sekolah Alam Watulumbung menyatakan pelestarian lingkungan adalah bagian dari budaya.

“Budaya Nusantara itu adalah budaya yang begitu melestarikan alam. Pohon Gaharu selain dilihat dari sisi pelestarian lingkungan juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Negeri ini begitu kaya dengan pohon-pohon bernilai ekonomi tinggi seperti Gaharu,” kata Boy Rivai dalam percakapan dengan Mediaraja.com melalui saluran komunikasi seluler.

Lalu apa hubungan pohon Gaharu dengan peringatan Hari Kelahiran Pancasila? Menurut Boy Rivai, Pancasila menginginkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Keadilan sosial itu salah satunya keadilan di bidang ekonomi, kalau pohon-pohon bernilai ekonomi tinggi dilestarikan dan dikembangkan, tentu akan berdampak pada ekonomi rakyat,” jelas Boy Rivai.

Menurut Boy Rivai, Sultan HB X akan memberikan sambutan dengan tema “Pelestarian Alam dan Lingkungan demi Kesejahteraan Masyarakat dan Daerah Istimewa Yogyakarta”. Sedangkan Raja Samu Samu akan berpidato dengan tema “Pentingnya Adat Istiadat dan Budaya sebagai Identitas Masyarakat yang Sudah Ada Sejak Turun Temurun”. (Mada Mahfud)

Share:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *