oleh

Raja Palembang: Mendagri Dukung Penuh MARS Indonesia

JAKARTA-MEDIA: Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menegaskan Mendagri Tjahjo Kumolo mendukung penuh Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS Indonesia). Bahkan ide pembentukan wadah tunggal justru muncul dari Mendagri dengan penerbitan Surat kepada Tim Panca Kesatria.

Pernyataan Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin tersebut disampaikan saat pidato dalam Pengukuhan MARS Indonesia yang dihadiri 259 Raja, Sultan, Datu, Penglingsir, dan Ketua Adat dari 34 Propinsi di Indonesia.  Pengukuhan MARS berlangsung di Kemendagri, Jakarta, 24 Agustus 2017.

Hadirnya ratusan Raja, Sultan, Datuk, Penglingsir, dan Kepala Adat dengan pakaian adat kebesarannya masing-masing sontak menyulap suasana Kemendagri menjadi penuh warna yang indah. Inilah simbolisasi sesungguhnya tentang Kebhinekaan di Indonesia. Semua kekuatan nusantara jika dikumpulkan, menghadirkan keindahan yang memesona.

Raja Palembang sendiri yang merupakan Dewan Agung MARS Indonesia, tampil berwibawa dengan pakaian kebesarannya warna kuning. Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dengan gayanya yang flamboyan dan kharismatik turut membawa suasana Pengukuhan MARS Indonesia menjadi khidmat.

“Pertama kali yang ingin saya laporkan  bahwa MARS Indonesia ini terbentuk pertama adalah terbitnya Surat Menteri Dalam Negeri kepada tim Panca Kesatria yang di Ketuai oleh Yang Mulia Ida Agra Dalem Pemayun. Kita kemudian rapat di Seminyak Bali tanggal 10 Desember 2016. Kemudian dilanjutkan dengan Piagam Tanah Luwuk pada 22-23 Februari, kemudian dilanjutkan Deklarasi MARS Indonesia di Solo tnggal 22 April 2017. Kemudian rapat kerja di Lombok pada 11-13 Mei 2017,” tutur Raja Palembang.

Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menyatakan ucapan terima kasih kepada Menteri Dalam Negeri yang mengadakan Wadah Tunggal MARS Indonesia. “Alhamdulillah hari ini Menteri Dalam Negeri atas nama Pemerintah Indonesia mengumumkan Majelis Agung Raja Sultan Indonesia sebagai wadah tunggal,” tegas Raja Palembang.

Lebih lanjut Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin manyatakan MARS Indonesia terhimpun dari Yarasutra, ICKN,  Baranusa, Panca Kesatria, FSKN dan organisasi lain.

Dalam kesempatan itu, Raja Palembang juga menyitir isi deklarasi Raja Sultan yang menuntut pengakuan pemerintah. “Kami ada sebelum Kamu ada, Kamu ada karena Kami akui Kamu ada. Untuk itu tidak ada alasan bagi Kamu untuk tidak mengakui Kami,” tandas Raja Palembang.(MM)

Share:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *