oleh

Setelah Mempawah, Kabupaten Ciamis Kemungkinan Berubah Nama Jadi Kabupaten Galuh

JAKARTA, MEDIARAJA.com-Masyarakat Mempawah Kalbar berhasil mendorong perubahan nama Kabupaten Pontianak menjadi Kabupaten Mempawah, nama eks kerajaan di daerah tersebut. Masyarakat Ciamis juga menginginkan hal serupa, mengharapkan perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh, nama yang memiliki sejarah panjang, eks Kerajaan Galuh. Perubahan nama menjadi Galuh, diharapkan membuat penggalian dan pelestarian budaya leluhur akan lebih mudah dilakukan.

Sepertinya, baru terjadi di Mempawah Kalbar, sebuah kabupaten yang berhasil mengubah nama jadi nama eks kerajaan.  Tampaknya perubahan nama kemungkinan akan terjadi di tempat lain yang juga memiliki sejarah panjang yaitu Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh.

Silakan baca juga: http://mediaraja.com/ganti-dengan-nama-kerajaan-kabupaten-mempawah-kalbar-pertama-di-indonesia/

Berbagai upaya untuk mengganti nama Kabupaten Ciamis menjadi Kebupaten Galuh, gencar dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. “Masyarakat menginginkan nama Kabupaten Galuh dengan alasan memiliki sejarah yang sangat panjang,” kata tokoh Galuh, Ruyat Sudradjat dalam perbincangan dengan Mediaraja.com beberapa waktu lalu.

Museum Galuh Pakuan yang menyimpan pusaka dan peninggalan sejarah Kerajaan Galuh (Foto: Mada Mahfud).

Ruyat menyatakan penggunaan nama Ciamis, kemungkinan besar digunakan Belanda untuk mengubur sejarah Galuh. Tujuannya agar masyarakat kehilangan akar budayanya dan lama-lama kehilangan jati diri. Masyarakat, apalagi generasi penerus, lama kelamaan akan asing dengan nama Galuh dan sejarahnya karena tak digunakan sebagai nama daerah.

“Tentu masyarakat tidak ingin generasi muda kehilangan jati diri, makanya masyarakat menginginkan perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh. Nama Galuh itu memiliki sejarah yang amat panjang, seiring dengan itu budayanya tentu sudah berkembang sedemikian rupa,” jelas Ruyat.

Bangsal disamping Museum Galuh Pakuan (Foto: Mada Mahfud).

Mediaraja.com menghimpun informasi mengenai upaya penggantian nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh. Wacana pergantian nama sudah mulai bergulir sejak tahun 1990-an dan mengalami pasang surut. Namun dalam beberapa tahun terakhir wacana pergantian nama gencar dilakukan. Budayawan dan akademisi Galuh termasuk Universitas Galuh juga mendukung wacana pergantian nama tersebut.

Perkembangannya, penggantian nama menjadi Kabupaten Galuh sudah dibahas DPRD Kabupaten Ciamis. Proses lebih lanjut tengah diupayakan termasuk menunggu persetujuan pemerintah pusat. Tampaknya, perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Galuh, tinggal menunggu waktu saja. Dan jika nantinya perubahan nama menjadi Kabupaten Galuh terwujud, diharapkan semakin mendorong penggalian, pelestarikan, dan pengembangan budaya Galuh yang merupakan warisan Kerajaan Galuh. (Mada Mahfud)

Share:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *