19 Desember 2017

Sultan Mukomuko: Pengukuhan MARS Langkah Maju Menuju Indonesia Berjatidiri Nusantara

Sultan Mukomuko H Sultan Bangsa, SH, MH tengah dikalungi medali dalam Pengukuhan Pengurus MARS Indonesia oleh Sekjen Kemendagri Drs Hadi Prabowo, MM.

JAKARTA-MEDIA RAJA: Sultan Bangsa, Raja Kesultanan Mukomuko Bengkulu, menegaskan pengukuhan Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS Indonesia) menjadi langkah nyata Pemerintah untuk bersama-sama Raja, Sultan, Datuk, Penglingsir, dan Ketua Adat dari seluruh Indonesia untuk menjadikan adat budaya dan kearifan lokal sebagai jati diri Bangsa Indonesia.

H Sultan Bangsa SH, MH menjadi salah satu dari 16 Pengurus MARS Indonesia yang dikukuhkan Kementerian Dalam Negeri. Pengukuhan berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, 24 Agustus 2017.

Pengukuhan Pengurus MARS Indonesia disaksikan Pejabat Kementerian Dalam Negeri, Utusan DPD, Utusan TNI AD, TNI AU, TNI AL, Utusan Kepolri, Dirut Taman Mini Indonesia Indah Bambang S, dan tokoh keraton yang menjadi pengusaha Muryati Sudibyo. Pengukuhan berlangsung di depan 259 Raja, Sultan, Datuk, Penglingsir, dan Ketua Adat dari 34 Provinsi di Indonesia.

Menurut H Sultan Bangsa, SH, MH wadah tunggal  organisasi Raja Sultan adalah dambaan selama ini sehingga perjuangan Raja, Sultan, Datuk, Penglingsir, dan Ketua Adat makin solid untuk memperjuangkan dan melestarikan adat istiadat budaya. “Ini yang kita dambakan dimana kita bersyukur pada hari ini bahwa Allah telah menunjukkan kemukjizatannya dengan diresmikannya, dikukuhkan MARS Indonesia oleh Mendagri sehingga Raja Sultan Nusantara ini akan bersatu di bawah naungan bendera MARS Indonesia. Negara ini jangan lagi melenceng dari cita-cita leluhur,” tegas Sultan Mukomuko ini kepada Media Raja, usai pengukuhan.

H Sultan Bangsa, SH, MH ditetapkan menjadi Sultan Mukomuko pada 29 Juli 2017 dalam sebuah prosesi adat di Bengkulu. Penobatan H Sultan Bangsa, SH, MH sebagai Sultan Mukomuko diharapkan membuat seni budaya Mukomuko terangkat kembali dalam percaturan budaya bangsa dan negara.

Menurut H Sultan Bangsa, SH, MH keberadaan MARS Indonesia akan menyatukan persepsi semua Raja, Sultan, Datuk, Penglingsir, dan Ketua Adat dari Aceh hingga Papua. “Ini untuk menyatukan persepsi bagaimana mengangkat adat budaya, kearifan lokal masing-masing daerah menjadi kekuatan bangsa di bawah naungan MARS Indonesia,” tandas Sultan Mukomuko Bengkulu ini. (Mada Mahfud)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan