19 Desember 2017

Sultan Taufik Thaib Bersama 50 Delegasi Pagaruyung Hadiri Penobatan Sultan Bangsa

Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darurqoror H Sultan Taufik Thaib (duduk)

PUTRI HIJAU-MEDIA RAJA: Penobatan Sultan Bangsa sebagai Ketua Kaum Agung Pekal akan dihadiri kerabat dari berbagai Kerajaan dan Kesultanan di Nusantara. Dari Kesultanan Pagaruyung, hadir 50 perwakilan yang dipimpin Sultan Taufik Thaib.

Penobatan Sultan Bangsa sebagai Ketua Agung Pekal akan berlangsung Sabtu, 29 Juli 2017. Acara akbar mengambil tempat di Singgasana Pekal, Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara. Penobatan Sultan Bangsa merupakan kesepakatan 5 Kaum Adat terkait posisi Sultan Bangsa sebagai pewaris Kesultanan Mukomuko.

Kerabat dari Kesultanan Pagaruyung dipimpin langsung Raja Pagaruyung Darul Qorror Sultan H Muhammad Taufiq Thaib SH bersama permaisuri Hj Puti Reno Rachma Binti Sultan Oesman. Kerabat lain yang datang Puti Reno Raudah Thaib, Sultan H Nirwansyah, Puan Puti Wirnita SK, Sultan H Muhammad Yusuf, Sultan Muhammad Arif Muningsah, Hj Puan Puti Israbet Yeti, Sultan Joni Khaidir, Sultan Mardi Petorajo, Sultan Muhammad Thoriq, Ul Rajo Dubalang, Mulhendri Eka Putra, Basrizal Malin Rajo, dan Puti Reno Rahima Thaib.

Utusan lain yang masuk rombongan Kesultanan Pagaruyung adalah HA Datuak Sinaro, Datuak Majo Indo, Sutan Mulyadi, Dian Refit, Asril Mahidin, Datuak Rajo Aceh, Datuak Rajo Tianso, Indra Sukma, Datuak Sirajo-Rajo, Sutan Firman Rajo Godang, I Datuak Malano, M Datuak Puti Janik, M Jufri Datuak Cumano, B Datuak Bungsu, A Sikoto, dan Sy Paduko Siramo .

Sultan Thaib dan rombongan meninggalkan Istana Silindung Bulan Pagaruyung pada 27 Juli 2017 pukul 08.00 WIB. Transit semalam di Air Haji, Sultan Thaib dan rombongan melanjutkan perjalanan darat dan akan tiba di Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara pada 28 Juli 2017.

Masyarakat adat Pekal dalam sejarahnya, merupakan masyarakat Kesultanan Mukomuko, Bengkulu. Dalam kaitan tersebut, Sultan Bangsa adalah salah satu pewaris Kesultanan Mukomuko.

Kesultanan Mukomuko memiliki hubungan erat dengan Kesultanan Pagaruyung Minangkabau dan Kesultanan Inderapura. Tak heran dalam penobatan Sultan Bangsa, hadir delegasi dari Kesultanan Pagaruyung.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan