19 Desember 2017

Tari Gandai Meriahkan Penobatan Sultan Bangsa

Tari Gandai meriahkan rangkaian acara Pengukuhan Sultan Bangsa SH MH sebagai Ketua Kaum Agung Pekal

PUTRI HIJAU-MEDIA RAJA: Penobatan Sultan Bangsa sebagai Ketua Kaum Agung Pekal diharapkan mendorong pelestarian budaya asli Pekal, Mukomuko, Bengkulu. Dalam penobatannya, sejumlah tarian akan dimainkan di antaranya Tari Gandai.

Penobatan Sultan Bangsa sebagai Ketua Kaum Agung Pekal akan berlangsung Sabtu, 29 Juli 2017. Lokasinya di Singgasana Pekal, Kecamatan Putri Hijau, Mukomuko, Bengkulu.

Tari Gandai jamaknya disuguhkan pada upacara penyambutan tamu pejabat penting. Bisa juga dilakukan saat pesta pernikahan.

Tarian yang tumbuh subur pada masa Kesultanan Mukomuko ini bisa dilakukan laki-laki, perempuan atau berpasangan. Jika dilakukan berpasangan laki-laki dan perempuan asal Suku Pekal asli disebut Tari Gandai Ambat. Varian lainnya adalah Tari Gandai Nenet, Gandai Nenet Luwing, Gandai Kuwau, Gandai Polito, Gandai Minjung, dan Gandai Patun. Tari Gandai diiringi instrumen musik tradisional seperti Redap, Serunei, dan Gong.

Masyarakat Pekal juga memiliki sejumlah tarian adat lainnya yang tak kalah memesona. Sebut saja Tari Kain Panjang, Tari Sapu Tangan, Tari Piring, Tari Ba-epet, dan Tari Kecik.

Tari Salung Banyuk lain lagi. Tarian ini diiringi dengan pantun. Biasanya dimainkan anak muda yang sedang putus cinta. Adapula Tari Batepung yang dilakukan saat pengantin naik rumah. Tari Batepung diiiringi Gamat (Biola), Serunai, dan Redap.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan